Akibat Fatal Jika Lari - Lari Pakai Jaket

8/06/2015
(c) google images
Lari - lari merupakan salah satu olahraga yang dapat menyehatkan, selain untuk memperlancar jalannya darah, lari juga untuk memberikan suatu gerakan untuk jantung, agar jantung tidak hanya gitu gitu aja stylenya, hehe, sekali - kali ada guncangan lah. namun lari - lari juga bisa berakibat fatal bila seseorang tersebut menggunakan cara yang salah. 
pastinya anda pernah melihat orang berlari di siang hari tapi dia menggunakan jaket. secara naluri dan secara akal pikiran sih lari dengan menggunakan jaket mungkin dirasa cukup cepat keluarnya keringat. atau mungkin  ada hal lain, lari di siang hari memakai jaket bisa juga agar badan tidak gosong, namun hal ini juga tidak masuk akal, karena pada dasarnya lari menggunakan jaket disaat cuaca panas itu sama sekali tidak ada gunanya. bahkan disiang bolong lari menggunakan jaket itu malah bisa berakibat fatal.

menurut dokter spesialis olahraga zaini siregar yang di lansir oleh kompas.com lari menggunakan jaket bisa membuat tubuh seseorang itu dehidrasi, karena saking banyaknya cairan yang di keluarkan, lalu setelah itu suhu badan juga bisa sangat tinggi, bahkan bisa berakibat heat stroke bila tidak segera mengkonsumsi cairan yang di perlukan oleh tubuh.

Menurut Beliau: "Tuhan menciptakan keringat supaya suhu tubuh tidak terlalu panas, jadi keringat yang kita keluarkan itu untuk mendinginkan suhu tubuh, kalau sudah dehidrasi, tidak ada cairan, suhu tubuh kita akan terlalu tinggi, lebih dari 40 derajat, maka bisa mengakibatkan heat stroke.

Heat Stroke, gejala heat stroke ini diiringi dengan pandangan yang mulai berkunang - kunang, wajah tampak pucat, tangan menjadi dingin, hingga sampai - sampi tak sadarkan diri. Nah, perlu anda ketahui, bahwa ketika tubuh kekurangan cairan, darah juga akan menjadi kental sehingga aliran darah ke seluruh tubuh juga terganggu, termasuk jantung yang menjadi salah satu faktor pendukung jalannya aliran darah serta ke otak. heat stroke ini biasanya banyak terjadi pada orang yang berlari dengan jarak tempuh yang jauh.

Banyak juga yang mengatakan bahwa ketika berlari dengan memakai jaket itu cara cepat untuk menurunkan berat badan, hal itu memang terjadi, namun tidak baik rasanya bila sampai tubuh kekurangan cairan hingga dehidrasi.

Tetap woles aja kawan, lakukan sesuai dengan kehendak hati, dan alangkah baiknya bila mengikuti saran dokter, menurut Dokter Zaini, berlari tidak apa - apa karena bisa menyehatkan badan, namun tetap gunakan pakaian yang nyaman, tidak terlalu tebal dan menyerap keringat, lalu diirinigi dengan minum air putih atau minuman isotonik dan minuman berolahraga, karena hal untuk mencegah dehidrasi saat berlari.

Berbagi Yuk!!!

Saya seorang writer yang ingin sukses berkat usaha dan doa

Bagaimana Pendapat Kamu?

BACA JUGA