Mengatasi Disminore atau Nyeri Saat Haid

8/10/2015
Mengatasi Disminore atau Nyeri Saat Haid

Mengatasi Disminore atau Nyeri Saat Haid - Kalian para wanita pasti pernah kan mengalami sakit atau nyeri saat mengalami haid. Kata lain dari sakit saat mengalami haid adalah disminore. Disminore ini salah satu gejala yang wajar dalam Pre menstruation Syndrome atau lebih kita kenal  dengan PMS. PMS itu terjadi karena faktor hormonak dalam tubuh, tidak sempurnanya proses ovulasi yang diakibatkan oleh tidak seimbangnya hormon. Nah gejala ini sering muncul satu atau dua minggu sebelum kita mengalami haid. Pada saat yang seperti ini kita akan merasakan sakit di area perut bagian bawah, payudara membengkak dan  nyeri, perut kembung, mood yang naik turun yg bikin para cowo jengkel, kepala sering pusing, sedikit rasa depresi dan kelelahan.
Nah para wanita, pastinya kalian ingin mengatsi hal tersebut bukan, karena jika terjadi seperti rasanya sangat ndak enak banget buat kegiatan. Berikut ini akan saya berikan tips mengatasi Disminore:

  • Mengkonsumsi Vitamin
Mengkonsumsi makanan sehat yang mengandun banyak vitamin D, vitamin E, kalsium, protein nabati, dan buah-buahan. Ini bertujuan agar mereda sakit yang kita terima menjadi ringan. Karena dalam kandungan vitamin D dan E dapat meredakan sakit perut saat haid.
  • Mengompres Perut 
Cara mengompres yang baik dan enak yaitu dengan cara seperti ini. Siapkan bantalan panas atau bisa juga menggunakan botol kaca yang di isi air panas, letakkan pada perut atau panggul kita. Ini bertujuan untuk menciptakan rasa rileksasi untukmengatasi nyeri saat haid. Lakukan dengan benar dan rasakan rileksasi secara tradisional.
  • Pijatan Ringan 
Nah cara berikut ini pasti kita biasa melakukannya. Kita lakukan pijatan ringan pada bagian bawah perut dan pinggang. Lakukan dengan sangat hati-hati. Pijatan ini bertujuan untuk meregangkan otot-otot sekitar pinggang dan perut. Lakukan dengan pelan-pelan ya ladies.
  • Beristirahatlah
Pasti kalian mengalami saat haid rasanya punggung terasa nyeri bukan. Nah alangkah lebih baik kita meristirahatkan diri kita. Lebih baik kita berbaring di atas tempat tidur,berbaring dapat meredakan rasa nyeri juga lho. Tidak hanya meredakan nyeri juga, kita juga akan terasa lebih segar setelah bangun nanti.
  • Olah Raga Ringan
Olah raga ringan yang di maksud adalah berjalan kaki, jogging atau yoga. Olahraga ini dapat memperlancar aliran darah kita lho ladies, dan bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh kita. Lakukan dengan rutin maka kita akan tidak merasakan nyeri saat haid tiba.
  • Minum Jamu Tradisional
Siapa sih yang tidak mengenal jamu? Sangat tertinggal deh kalau tidak tahu. Nah untuk yang satu ini kita bisa kog membuat jamu sendiri. Resepnya sih dari  rempah-rempah seperti kunyit, jahe, dan daun dewa. rempah-rempah tersebut cukup kita rebus dan ditambahkan gula agar ada rasa manisnya gitu, bertujuan mengurangi rasa pahit. Kemudian sering dan minum airnya selagi hangat.
  • Konsultasi ke Dokter
 Untuk yang terakhir adalah bilamana sangat tidak terkontrol rasa nyeri yang kita alami ladies. Jika nyeri haid tidak juga hilang dan sangat mengganggu setelah 3 hari selama haid, sebaiknya ladies berkonsultasi ke dokter. Karena nyeri haid yang berlebihan bisa menjadi suatu gejala masalah pada alat reproduksi kita. Dengan memeriksakan pada dokter, kita akan tahu lebih awal dan melakukan penanganan dengan cepat. 

Mungkin hanya itu aja ladies wolesbanget, semoga apa yang ada di atas di sana bisa menjadi referensi untuk ladies semua, semu adi atas bisa di lakukan dengan petunjuk yang berlaku agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Semoga bermanfaat info yang satu ini. Tetap berkunjung dan melihat update terbaru dari kami ya.

Berbagi Yuk!!!

Bagaimana Pendapat Kamu?

BACA JUGA