10 Pahlawan yang Perkasa Dari Serambi Mekah Atau Aceh

11/03/2015

WolesBanget.Com - 10 PAHLAWAN WANITA YANG PERKASA DARI SERAMBI MEKAH, Apa yang ada di benak kalian kalau kalian jika bicara tentang wanita?? pasti di pikiran kalian adalah makhluk ciptaan Tuhan yang lemah dan hanya untuk melayani para lelaki. sekarang hilangkan pikiran itu vroh! karena semua itu tidak benar, malahan sebaliknya. wanita adalah makhluk hidup yang perkasa, mereka rela mengkorban segalanya  bahkan nyawa mereka pertaruhkan untuk mencapai sesuatu yang mereka sayangi. termasuk Negeri ini.. dibalik kecantikan mereka tersembunyi jiwa pemberani yang gigih yang jarang kita temukan pada lelaki.. dan gua akan kasih info untuk loe semua tentang wanita yang perkasa dari negeri serambi mekah / Aceh.. 
1. RATU NAHRASIYAH

ratu nahrasiyah
Beliau ini adalah anak dari Sultan Zain al-Abidin. sedikit sekali sob sumber sejarah tentang Ratu yang gagah ini.. tetapi pada jaman dahulu.. Ratu bersama Laksamana Cheng ho pernah bekerja sama melawan pemberontak yang di pimpin oleh sekandar adalah tak lain suami ke dua Ratu. dan setelah sekandar dan pengikutnya di tangkap mereka di bawa ke Tiongkok untuk di hukum mati.

2. SULTANAH SAFIATUDDIN SYAH


Ratu yang sangat cantik dan pintar ini adalah anak sulung dari Sultan Iskandar Muda coy, beliau lahir pada tahun 1612 M. wah! mungkin lahirnya barengan sama mbah buyut mu cuy.. gua masih jadi angin dah.. ngleyang.. beliau memerintah kerajaan setelah suaminya Iskandar Thani meninggal dunia dan sayangnya beliau belum mempunya keturunan.. akhirnya ratu Safiatuddin di angkat menjadi Sultannah. banyak pertentangan menjelang penobatanya karena beliau adalah Sultannah yang pertama di kerajaan Aceh..  beliau memerintah selama 35 tahun (1641 - 1675). bayangin vroh.. pak harto aja klewat..

3. SULTANAH NURUL ALAM NAQIATUDDIN SYAH


Setelah Sultanah safiatuddin meninggal dunia kerajaan di pimpin oleh Naqiatuddin yang di beri gelar Sri Sultan Nurul Alam Naqiatuddin Syah. beliau adalah putri Malik Radiat syah. pada masa sultanah Naqiatuddin banyak perubahan yang terjadi vroh! seperti di baginya Aceh menjadi 3 Federasi atau yang di sebut 3 Sagi.  kalau jaman sekarang kayak otonomi daerah.. dan masih banyak kebijakan yang lain untuk membangun Aceh.. masa pemeritahan beliau sangat singkat vroh.. hanya 3 tahun ( 1675 - 1678). tidak ada prestasi yang di capai pada masa sultanah Naqiatuddin.. tapi ada beberapa peristiwa yang besar seperti terbakarnya masjid Raya Baiturrahman dan Istana yang banyak menyimpan kekayaan emas dan perhiasan..

4.  RATU INAYAT ZAKIATUDDIN SYAH

RATU ZAKIATUDDIN adalah pengganti Naqiatuddin syah setelah beliau meninggal. Ratu Zakiatuddin sosok yang yang tegas dalam segala hal.. dengan perawakan bertubuh tegap dan suara lantang.. jarang banget wanita seperti dia.. waktu inggris datang dan ingin membuat benteng dengan keras beliau menolak vroh.. beliau berkata ; inggris boleh berdagang tapi tak boleh membuat benteng sendiri..beliau meninggal pada tanggal 3 Oktober 1688. 

5. RATU KAMALAT ZAINATUDDIN SYAH



masih banyak misteri tentang Ratu kumalat zainatuddin syah ini.. tapi di masa beliau adalah masa tersulit.. karena aceh terpecah menjadi 2 golongan.. orang kaya bergabung dengan para petinggi agama untuk mengembalikan kedudukan laki-laki menjadi sultan. sedangkan golongan panglima sagi ingin tetap wanita yang memimpin.. namun karena dorongan para petinggi agama akhirnya Ratu kamalat lengser pada tahun 1699..

6. LAKSAMANA MALAHAYATI (KEUMALAHAYATI)

Wisit!! jangan terplongo melihat wanita ini.. pasti lelaki pada jamannya udah ketir-ketir mendengar namanya.. banyak prestasi yang beliau raih.. dan beliau menjabat sebagai Panglima perang pada masa Sultan Al - Mukammil (1589 - 1604).. beliau wanita yang gagah. dan pada masa itu Aceh mempunyai armada perang yang sangat kuat dan tak terkalahkan.. mungkin kalau beliau hidup di jaman sekarang sudah menjadi panglima bintang 5.. hebatttt!!!

7. CUT NYAK DIEN



Mungkin kalian tak asing dengan nama Cut Nyak Dien.. yaps!! sosok wanita yang gagah berani melawan penjajah belanda. hingga kedua suaminya harus gugur dalam pertemuran dan beliau harus menderita karena beliau suda tak punya apa - apa dan para pengikutnya mulai meninggalkan beliau.. karena tidak tega melihat penderitaannya.. beliau tertangkap oleh belanda dengan keadaan yang sungguh menyedihkan karena saat itu beliau buta dan tak bisa apa - apa.. beliau di asingkan dan meninggal di Sumedang pada 6 November 1908.

8. CUT MEUTIA


Dibalik parasnya yang cantik dan kalem terdapat kebencian yang mendalam kepada belanda.. beliau pejuang yang sangat gigih melawan penjajah hingga akhir hayatnya.. walaupun beliau lahir di keluarga bangsawan namun beliau tetap memikirkan rakyat dan bangsanya.. beliau meninggal pada 25 Oktober 1910. dengan 1 peluru di kepala dan 2 di tubuh yang akhirnya merobohkan tubuhnya yang rapuh. namun tak merobohkan semangatnya yang dia wariskan ke seluruh rakyat indonesia untuk selalu berjuang melawan penjajah.. 

9. POCUT BAREN



Wanita yang tahan banting atas segala penderitaan.. beliau putri bangsawan yang dapat hidup mengembara di gunung dan hutan belantara bersama suaminya.. beliau sangat pintar. beliau tahu apa yang harus di lakukan nanti apabila suaminya meninggal.. dan suatu hari suaminya meninggal, itu tidak mengendurkan semangatnya.. malah membara semangatnya untuk membasmi penjajah. hingga benteng Pocut baren hancur karena gempuran pasukan belanda. sehingga kakinya tertembak dan beliau tertangkap namun kakinya harus di amputasi karena infeksi.. namun belanda memperlakukan beliau dengan baik selama menjadi tawanan.. beliau di beri kaki palsu untuk menghargai perjuangan beliau..hingga pada akhirnya beliau wafat pada tahun 1933 dan meninggalkan seluruh rakyat indonesia..

10. POCUT MEURAH INTAN



Ini gays yang terakhir.. wanita perkasa dari Aceh.. wanita yang berjuang dengan kedua anaknya karena beliau bercerai dengan suaminya karena menyerah kepada belanda.. beliau sangat anti belanda.. sampai akhirnya beliau dan kedua anaknya tertangkap oleh belanda.. setelah berperang dan mendapat luka yang amat parah.. Pocut Meurah Intan berusaha hidup.. dan akhirnya beliau dan anaknya di penjara. beliau meninggalkan 19 September 1937.
ini masih sebagian kecil wanita perkasa di Aceh.. buuuanyak banget!! tapi gua sebutin 10 aja lah.. tapi semoga bermanfaat vroh.. SAALLLAAMM GAAMMBBBAANGG!!!!

Berbagi Yuk!!!

Bagaimana Pendapat Kamu?

BACA JUGA