10 Tempat Wisata di Malang yang Harus Dikunjungi

5/24/2016
Indonesia memiliki beragam tempat wisata yang indah, mulai dari pegunungan yang mempesona, aneka ragam tumbuhan dan hewan, pantai yang cantik, bawah laut yang amazing. Pokoknya tidak kalah menarik dengan tempat wisata di luar negeri. Namun ulasan kali ini akan membahas tentang kota Malang. Kota dengan banyak tempat wisata dan juga terkenal dengan kota Pendidikan.

Malang merupakan tempat favorit untuk tujuan wisata di Jawa Timur, karena tempatnya yang dingin dan relatif sejuk. Berada di area pegunungan sehingga cocok untuk bertanam buah Apel, yang juga merupakan ikon kota ini. Banyak-nya tempat wisata di Malang seperti pantai-pantai yang mempesona dan wahana bermain yang beraneka ragam. Akan sangat disayangkan jika Anda melewatkan tempat wisata di kota Malang. Berikut beberapa referensi tempat wisata di kota Malang.

Pulau Sempu

Pulau dengan julukan surga dunia. Karena memiliki keindahan yang luar biasa. Vegetasi di Pulau ini cukup beragam, mulai dari hutan pantai, hutan tropis sampai dengan hutan bakau. Berada 75 km dari pusat kota Malang. Hal yang menarik juga dari Pulau Sempu ialah Segara Anakan atau danau yang berada di tengah Pulau dengan luas 4 hektar. Air dari danau berasal dari ombak laut selatan yang masuk melalui lubang tebing di sisi danau. Air disini sangat jernih sehingga Anda bisa melihat dasar danau dengan mata telanjang. 

Akses menuju ke Pulau Sempu memang tidak mudah. Pertama Anda akan menaiki perahu dari Pantai Sendang Biru dengan biaya sekitar 150rb. Setibanya di Pulau Sempu, Anda akan melewati hutan yang cukup lebat dan masih alami. Jalannya juga curam, beralaskan tanah dengan dinding tanah berbukit. Setibanya disana akan terbayar lunas karena keindahan Segara Anakan yang menyejukkan. Anda bebas berenang, memancing atau hanya bermain pasir di pinggir danau.

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang dikenal dengan Tanah Lot-nya Jawa Timur. Terletak di desa Srigonco kecamatan Bantur. Sekitar 57 km dari kota malang. Pura di atas karang ini memang sengaja dibangun oleh Bupati Malang pada tahun 1985 mengikuti Tanah Lot di Bali, tetapi Pura disini berukuran lebih kecil. Keindahannya pun tak kalah dengan Tanah Lot di Bali. Jembatan dari beton sepanjang 100 meter yang menghubungkan dengan Pura juga terlihat cantik terutama saat senja.

Akses menuju ke Pantai Balekambang terbilang mudah karena hanya perlu 30 menit dari kecamatan Bantur. Anda juga bisa menggunakan mobil maupun motor utuk menuju Pantai Balekambang. 


Masjid Tiban

Masjid yang memiliki desain yang menakjubkan. Dengan arsitektur Timur Tengah ini memiliki cerita mistis, konon katanya masjid ini dibangun oleh jin hanya dengan satu malam. Akan tetapi, rupanya masjid ini dibangun oleh para santri sedikit demi sedikit. Masjid ini terdiri dari 9 lantai, lengkap dengan toko souvenir, toko makanan, dan area satwa. Tanpa dipungut biaya berapapun Anda sudah bisa mengelilingi Masjid Tiban ini. 

Dari tampak luar masjid ini saja sudah mengundang decak kagum apalagi jika Anda berada di dalamnya. Di masjid ini juga terdapat pondok yang menyatu dengan masjid, bernama Pondok Pesantren Salafiyah Biharu Bahri Asali. Berada di kecamatan Turen sekitar 10 km dari kota Malang. Tepatnya di Jl. Anggur No. 7 desa Sanan Rejo kecamatan Turen kabupaten Malang. Akses jalan menuju Masjid juga terbilang mudah.

Kerajinan Keramik Dinoyo

Saat berkunjung ke malang dan bingung untuk membeli oleh-oleh. Penulis usulkan membeli oleh-oleh berupa kerajinan keramik. Berada di pusat Kota Malang, Jl. MT Haryono XI ini ada sekitar 30 toko keramik. Dengan spesifikasi vas bunga, mug, gelas, cangkir, piring kecil dan poci. Adapun beberapa kerajinan untuk terapi seperti cawan kecil dan wadah air. Dan masih banyak lagi berbagai keramik yang disediakan termasuk souvenir untuk anak-anak. Keramik Dinoyo memiliki ciri khas sendiri, lebih menonjolkan motif flora dan fauna. 

Coban Pelangi

Coban Pelangi merupakan tempat wisata yang berada di kaki gunung semeru. Dengan ketinggian 1.400 meter dan suhu udara antara 19-23 derajat celcius. Maka tak heran jika sangat dingin saat Anda berada di Coban Pelangi. Di Coban Pelangi ini tidak setiap waktu Anda bisa menemukan fenomena pelangi. Disarankan untuk datang antara pukul 10 pagi sampai 2 siang jika Anda ingin melihat pelangi yang diakibatkan oleh pembiasan sinar matahari dengan butir-butir air terjun yang memercik ke udara.

Tempat wisata ini terdapat di desa Gubukklakah kecamatan Poncokusumo kabupaten Malang. Berjarak sekitar 30 km dari kota Malang. Jalur menuju ke Coban Pelangi searah dengan rute ke Gunung Bromo dan Gunung Semeru. Di sepanjang jalan, mata Anda akan dimanjakan dengan dedaunan yang berwarna hijau dan menyehatkan mata. Serta udara yang dingin  karena berada di area pegunungan. Jalan yang dilalui hanya cukup untuk satu kendaraan mobil dan motor. Diharapkan untuk berhati-hati karena sisi kanan kiri terdapat jurang.

Alun-Alun Malang

Alun-Alun Malang berada di pusat kota. Disini Anda bisa bersantai bersama keluarga atau menikmati burung-burung merpati berterbangan di area Alun-Alun. Karena merupakan ikon kota Malang, maka tempat ini tak pernah sepi oleh pengunjung yang berdatangan. Hal menarik yang disuguhkan oleh Alun-Alun Malang ialah adanya air mancur jernih di tengah-tengahnya. Jika malam hari air mancur itu keluar bersamaan dengan hiasan lampu-lampu yang mengelilinginya.

Kebun Teh Wonosari

Agrowisata Kebun Teh Wonosari terletak sekitar 30 km utara Malang. Tepatnya berada di perbatasan Malang-Surabaya di desa Toyomarto kecamatan Singosari. Dengan ketinggian 950-1.250 MDPL. Suasana di Kebun Teh sangat sejuk karena banyaknya dedaunan hijau yang mengelilingi tanah seluas 1.144 hektar. Merupakan kebun teh pertama di Jawa Timur yang dijadikan tempat wisata.

Selain kebun teh, Anda juga bisa menikmati fasilitas wisata lainnya seperti flying fox, berkuda, wall climbing, paint ball, dan masih banyak fasilitas lainnya yang ditawarkan. Akses menuju ke kebun teh juga terbilang mudah. Bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jam buka kebun teh antara 07.00-17.00 dengan tarif Rp 8.000,-/orang untuk hari senin-sabtu dan Rp 12.000,-/orang untuk hari minggu dan libur nasional.

Pantai Sipelot

Pantai yang masih alami ini terdapat di desa Pujiharjo kecamatan Tirtoyudo kabupaten Malang. Pantai ini tak kalah indah dengan pantai-pantai lainnya di Malang. Dengan hamparan pasir putih di tepi pantai, deburan ombak yang deras, sisi kanan dan kiri yang terdapat tebing. Disini Anda juga bisa menikmati Air Terjun yang bernama Coban Sipelot. Untuk mencapainya Anda perlu menyeberangi teluk terlebih dahulu. Menggunakan perahu nelayan, dengan biaya sekitar Rp 50.000,-. Coban ini tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 10 meter. Saat Anda menaiki perahu, Anda bisa melihat Watu Gedeg atau sebuah karang yang mirip dinding dari bambu.

Meskipun pantai ini masih terbilang alami, namun akses menuju Pantai Sipelot terbilang mudah untuk dilalui. Adapula petunjuk-petunjuk arah untuk mengarahkan ke Pantai Sipelot. Walaupun akses menuju pantai cukup mudah tetap saja Anda dihimbau untuk berhati-hati karena jalannya berkelok-kelok da naik turun.

Pantai Jonggring Saloko

Pantai dengan keindahan seperti khayangan. Pantai Jonggring Saloko masih sangat alami. Terletak di desa Mentaraman kecamatan Donomulyo kabupaten Malang. Sekitar 70 km dari kota Malang. Karena akses menuju Pantai Jonggring Saloko terbilang sulit maka jarang wisatawan berdatangan ke pantai ini. Jalannya terjal dan berbatu, apabil hujan maka jalanan licin. Namun keindahan di pantai Jonggring Saloko jangan ditanyakan lagi. Hamparan pasir berwarna hitam pekat dan halus berada di tepi pantai.

Fenomena unik yang terkenal dari Pantai Jonggring Saloko ialah "Brooossh". Kenapa begitu? Karena saat datang ombak yang besar menghantam karang yang berlubang dan bisa menghasilkan semburan sejauh 10 meter. Hal unik lainnya ialah adanya sungai kecil di pinggiran pantai.

Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina terletak di dusun Tumpak Awu desa Sitiarjo kecaamatan Sumbermanjing Wetan kabupaten Malang. Pantai Rowo Indah, merupakan nama asli pantai ini. Tetapi karena pernah terjadi kematian seorang Cina di dalam Goa, maka terkenallah sebutan pantai ini dengan Pantai Goa Cina daripada pantai Rowo Indah. Akses menuju pantai terbilang susah karena banyaknya bebatuan , tetapi sesampainya di Pantai Goa Cina, Anda tidak akan menyesal. Adanya karang-karang yang menjulang tinggi diselimuti warna hijau menyambut kedatangan para wisatawan.

Di tengah-tengah pantai terdapat tiga pulau yaitu Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina, dan Pulau Nyonya. Pinggiran pantai ini cukup asri karena banyaknya pepohonan. Apalagi bibir pantai yang cukup jernih sehingga Anda bisa melihat batu karang. Namun Anda tidak bisa berenang di pantai karena ombak yang cukup besar. Bahkan nelayan pun tidak ada yang berani untuk berlayar. Tiket masuk di Pantai Goa Cina sekitar Rp 10.000,-/orang.

Berbagi Yuk!!!

Wolesbanget.Com memiliki tujuan untuk menjadikan situs portalnya anak muda sekarang.biar nggak ketinggalan zaman

Bagaimana Pendapat Kamu?

BACA JUGA