Tempat Wisata Goa Pindul dan Sungai Oya Jogja, Amankah untuk Ibu Hamil?

11/28/2016
Pembahasan kali ini akan bercerita tentang pengalaman saya dan suami jalan-jalan ke Jogyakarta. Karena saya suka sekali bermain air maka dari rumah planning saya pertama adalah berhubungan dengan air. Kami berangkat dari Kediri sabtu sore bersama rombongan yang berjumlah 6 orang termasuk saya dan suami sekitar pukul 15:30 WIB. Sebelum berangkat berdoa dulu semoga selamat sampai tujuan ditambah lagi saya sedang hamil 8 minggu. Berdoa semoga adek kecil sehat dan aman. Ibu butuh piknik nak..hihi. Dengan jalanan yang mulus juga bergelombang. Kami berhenti hanya untuk menunaikan sholat setelah itu juga mobil melaju lagi. Kala itu saya tidak mensugesti pikiran "bagaimana kalau kecapekan?" "bagaimana kalau dedeknya kenapa-kenapa?" "bagaimana kalau.." Sama suami juga pasti diceramahi kalau kepikiran seperti itu. Hanya berpikiran bahwa semua akan baik-baik saja termasuk ibu dan dedeknya. Setiba di malioboro kami pukul 23:00. Jalanan masih ramai dengan muda-mudi berpasangan, berkumpul bersama keluarga, teman, ataupun sekedar ada hiburan kecil tari-tarian dari Papua. Hanya saja rombongan kita tidak berhenti. Dan terlebih rombongan kita juga belum memiliki penginapan. Karena hari itu malam minggu banyak penginapan yg penuh. Sampai akhirnya jam menunjukkan pukul 00:00 mobil kami berhenti dan bertanya kepada petugas parkir. Alhamdulillah ada penginapan yang masih kosong. Empat dari kami memutuskan untuk berjalan-jalan ke malioboro tapi saya dan suami lebih memilih untuk beristirahat.

Pagi menjelang dan kami siap untuk jalan-jalan. Kunjungan pertama yaitu museum Vredeburg dan siangnya perjalanan ke Goa Pindul. Saya sangat bersemangat sekali meski cuaca yang saat itu gerimis tipis-tipis. Kami menggunakan google maps untuk mengetahui jalan menuju goa pindul.  Saat hampir tiba di goa pindul mobil kami diberhentikan oleh seseorang. Ternyata itu adalah penunjuk arah dan orangnya tidak meminta bayaran karena sudah dibayar oleh pengelola. Jadi kami langsung mengiyakan saja, dan memang benar kami diantarkan sampai tujuan yang dekat sekali dengan goa, hanya berjalan kaki saja untuk mencapainya. Sesampai disana kami disajikan pilihan untuk wahana wisata. Saya langsung memilih goa pindul dan sungai oya tanpa ragu-ragu dan teman yang lain ngikut juga akhirnya..hihi. Dengan membayar Rp 110.000,- per orang ditambah satu pemandu kami bisa menikmati dua wahana sekaligus. Wahana pertama yaitu goa pindul karena yang paling dekat dengan tempat peminjaman perlengkapan. Bismillah sambil mengelus perut untuk menenangkan dedek, saya dan suami berdoa lagi. Untuk air di goa pindul tidak bahaya karena airnya begitu tenang, kami saja ditarik oleh satu pemandu yang berada paling depan. Sambil menikmati keindahan di dalam goa, pemandu menjelaskan seisi goa mulai awal hingga akhir. Sehingga tidak membuat kita bosan. Di dalam goa terdapat banyak sekali kelelawar. Ya, namanya saja sudah goa..hihi. Pemandu menjelaskan lagi kalau ada batu yang apabila dipegang oleh laki-laki semakin kuat, kuat apa yaa,,? Haha. Terkhusus bagi yang menikah saja ya..kalau belum menikah semoga segera mendapatkan jodoh. Aamiin. Nah, bagi perempuan jangan berkecil hati, di goa juga ada mutiara kecantikan. Jadi nanti sama pemandu ditarik untuk mendapat tetesan dari mutiara kecantikan tersebut. Kalau laki-laki sudah dapat jatah sebelumnya ya..masih banyak lagi keindahan di dalam goa termasuk ada batu yang berbunyi "GONG" apabila dipukul memakai air. Indah kan ya..? Pas nanti sampai pertengahan akan ada batu terbesar yang hampir memenuhi setengah dari goa sehingga perlu melipat kaki untuk melewatinya. Kata pemandu kami itu bisa disebut penyangga dari goa karena panjangnya yang mencapai dasar sekitar 15 meter, goa pindul saja dalamnya sudah 12 meter. Kalau mau melepas ban dan berenang jangan cari dasarannya ya..hihi.  Terus nanti saat akan mencapai finish akan disuguhkan lagi dengan lubang yang berada di atas goa. Dulu lubang itu digunakan untuk iklan rokok djarum 76. Biasanya juga banyak yang ingin terjun dari atas sana. Anda berminat,,?
Sekedar pemberitahuan saja kalau pengunjung sedang ramai-ramainya maka penjelasan dari pemandu cukup sekedarnya saja. Tidak mendetail seperti yang kami alami. Karena kalau ramai bisa berdesak-desakan di dalam goa. Karena kami datang agak sorean jadi suasana disana cukup sangat sepi. 

Setelah selesai di goa pindul rombongan kami dibawa oleh PAJERO (Panas Njobo Njero) "Panas Luar Dalam" menuju sungai oya. Jalanannya sangat bergelombang penuh batu. Sambil mengelus dedek semoga baik-baik saja. Bagi ibu hamil yang keadaan kandungannya kurang kuat saya sarankan jangan kesana apalagi saat gerimis. Sudah pasti jalannya penuh bebatuan dan licin. Kali ini keadaan sungai oya tidak setenang goa pindul. Untuk permulaan airnya bergelombang. Saya memastikan untuk bertanya kepada suami "bagaimana?" dan suami mengizinkan. Kalau suami "yes" aku juga langsung naik ban. Untuk permulaan berdua-dua dilepaskan oleh sang pemandu karena pengaruh air sungai oya juga. Setelah airnya cukup tenang kami disatukan lagi sampai akhirnya berhenti di air terjun namanya air terjun pengantin. Konon kalau belum menikah dan kesana dengan pasangan maka akan menikah dan kalau kesana dengan suami atau istri maka hubungannya akan semakin erat. Entah percaya atau tidak tergantung keyakinan masing-masing saja.
Terjun di Air Terjun Pengantin
Model diatas adalah salah satu rombongan. Saya sudah pasti cari aman saja karena ada dedek dan suami juga dampingi saya terus.

Begitulah singkat cerita perjalanan saya dan suami. Kesimpulannya saya tidak bisa memastikan keamanan masing-masing ibu hamil. Karena kekuatan kandungan setiap ibu berbeda. Dimanapun berada tetap saja berdoa memohon perlindungan menurut kepercayaan masing-masing. Konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Dijaga kesehatannya dan jangan lupa makan dan minum teratur. Semoga diberikan kelahiran yang sehat untuk dedek dan ibunya. Dan diberikan putra putri yang sholeh sholehah. Aamiin
Alhamdulillah kandungan saya sampai sekarang baik-baik saja dan sekarang sudah tiga bulan. Mohon doanya ya untuk semuanya ^_^

Berbagi Yuk!!!

Wolesbanget.Com memiliki tujuan untuk menjadikan situs portalnya anak muda sekarang.biar nggak ketinggalan zaman

Bagaimana Pendapat Kamu?

BACA JUGA