60 Tahun ASTRA : Bukti Nyata Filosofi Bukan Hanya Teori

12/24/2016
ASTRA sebentar lagi akan berusia genap 60 Tahun, tepatnya pada bulan Pebruari 2017. Berbicara tentang ASTRA tentunya anda sudah banyak mendengar, membaca dan bahkan setiap hari sudah melihat tulisan ASTRA. ASTRA merupakan sebuah perusahaan perdagangan umum yang didirikan pada tahun 1957. Awalnya perusahan ini bernama PT Astra International Inc. Kemudian berganti menjadi PT Astra International Tbk pada tahun 1990.

ASTRA sudah lebih setengah abad berdiri di tanah Indonesia ini. Hanya selang beberapa tahun sejak Indonesia merdeka, Astra sudah mulai berdiri dan ingin memberikan dukungan penuh kepada Indonesia. Mulai dari Indonesia yang masih dalam tahap membangun sampai sekarang Indonesia dalam proses negara berkembang, bisa dikatakan Astra merupakan saksi perokonomian di Indonesia.

Pada awal berdirinya, Astra hanya memiliki empat karyawan saja. Lalu dengan berangsurnya waktu dan dengan genggaman erat Catur Dharma Astra yang salah satunya berbunyi “Memberikan Pelayanan Terbaik kepada Pelanggan”, Astra semakin berkembang pesat dan luas hingga pada Desember 2015, Astra telah tercatat memiliki karyawan 221.046 yang bekerja di 198 perusahaan Grup Astra. Tentunya jumlah sedemikian sangatlah banyak, hal ini menjadikan Astra salah satu perusahaan yang memiliki jumlah Laba luar biasa yaitu mencapai Rp 14.464 Triliun.

Memiliki laba yang tidak sedikit itu didapat bukan hanya dari satu jenis usaha saja, karena kebanyakan dari kita bila tahu nama “ASTRA” kebanyakan pasti menuju ke suatu kendaraan, baik kendaraan roda dua dan roda empat. Dan itu memang benar, namun sebenarnya untuk mencapai tingkatan laba tersebut, ada banyak jenis bidang usaha yang dijalankan oleh perusahaan Astra ini.  
Bidang Bisnis Astra
Produk dan Layanan PT Astra International Tbk

Dari 7 bidang usaha  yang ada di Astra ini, masing – masing memiliki jenis bidangnya sendiri dan memberikan kontribusi untuk Astra yang juga berbeda-beda. Hal ini tentunya semua ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat indonesia. Bidang usaha yang Astra lakukan ini juga salah satu-nya untuk menambah devisa negara, seperti aktivitas ekspor batu bara, minyak kelapa sawit dan kendaraan bermotor. Maka dari itu tidak salah bila Catur Dharma yang pertama Astra berbunyi “Menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara”.

PT Astra International Tbk saat membuat inovasi atau membuat bidang usaha baru pastilah menyesuaikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di Indonesia. Baik potensi sektor bisnis, pelayanan serta kontribusinya. Astra sekarang menjadi perusahaan terbesar, pihak Astra sendiri juga menyadari bahwa itu karena proses yang tidak hanya 1 – 2 tahun tapi perjuangan para pendiri dan pimpinan perusahaan selama ini. Astra juga pernah mengalami kegagalan yaitu dibidang keuangan, Astra mendirikan PT Bank Summa, tujuannya ialah untuk memperluas bisnis agar semakin melalang buana di Indonesia. Namun terdapat kesalahan dalam sistematika bisnis ini yaitu “pemegang bank bukan yang ahli dalam perbankan” ucap Edward Soeryadjaya anak sulung dari keluarga almarhum William Soeryadjaya pengembang PT Astra International Tbk. Pada saat itu PT Bank Summa didukung oleh dana Pinjaman dan menggunakan saham-saham Astra. Lama kelamaan PT Bank Summa terjerat hutang yang menggunung dan pada akhirnya menjual saham-saham milik Astra untuk melunasi hutangnya.

Belajar dari itu semua, Astra mampu berdiri tegak di Indonesia dan sepenuhnya dengan tata pengelolaan dari struktur perusahaan yang baik dengan menerapkan Good Corporate Citizen(GCG). GCG yang diterapkan ASTRA ada 3 yaitu  Astra Code Of Conduct, Astra Board Manuals, dan Astra Management System (Manajemen sistem seperti ISO). 
Astra Code of Conduct memuat hal-hal
sebagai berikut:
  • Etika Bisnis dan Etika Kerja
  • Sekretaris Perusahaan
  • Audit dan Manajemen Risiko
  • Benturan Kepentingan
  • Kebijakan Donasi
Selain itu PT Astra juga menyadari bahwa Pelanggan merupakan segalanya bagi mereka, tanpa pelanggan Astra-pun tidak akan bisa sebesar sekarang.

Di Indonesia, produk dari Astra yang paling mencolok digunakan/dipakai dalam sehari-hari adalah kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Dari kendaraan roda dua, Astra menjadi perusahaan yang paling sukses dan terpercaya, dapat dibuktikan pada tahun 2015, PT Astra Honda Motor (AHM) mendapatkan penghargaan Top Brand Award 2015. Bahkan penghargaan itu secara berturut-turut berangsur 7 kali dipegang oleh AHM. Pada kategori kendaraan roda empat ini dibuktikan dengan Astra Daihatsu Motor mencapai tingkat produksi 4 juta unit. Jelas sekali bahwa dalam produk roda dua Astra unggul dan peningkatan jumlah produksi kendaraan roda empat ini menunjukkan bertambahnya kepercayaan pelanggan akan produk buatan Astra. Ditambah lagi tahun 2015 merupakan moment dimana komplain yang diterima astra lebih menurun daripada tahun 2014. 
Keluhan Astra yang menurun
Komplain atau keluhan yang diterima cenderung menurun itu membuat astra semakin lebih baik. Mereka mampu menjadikan keluhan tersebut sebagai motivasi untuk mewujudkan Catur Dharma Astra menjadi benar-benar nyata. Menurunnya keluhan itu tak lain dan tak bukan ialah berkat kecanggihan, kelengkapan teknologi yang dipakai dan pastinya SDM Astra yang mumpuni serta ahli dibidangnya. Untuk merekrut SDM dengan tingkatan yang baik Astra memiliki kriteria Competence dan Character. SDM yang diambil benar-benar memiliki kompetensi yang tinggi serta memiliki karakter dapat memberikan kontribusinya ke perusahaan Astra dengan beberapa Tes/Ujian. Tidak hanya sampai di titik itu saja, pihak Astra sendiri selalu mengedepankan potensi dari SDM-nya dengan memberikan training/pelatihan khusus agar nantinya siap dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN(MEA), ini ditujukan supaya mereka selalu bisa berinovasi dan memberikan yang terbaik untuk Astra, khususnya untuk Indonesia.
“Saya pada waktu masuk pertama kesana, disaring dengan beberapa tes khusus, mulai tes akademis maupun non akademis dan dengan wawancara yang super menguras pikiran” ucap Dani, salah seorang teman saya yang baru saja masuk di anak buah perusahaan Astra Brigestone
Seleksi SDM dan juga tahap-tahapan setelah masuk Astra itu dilakukan untuk mencapai “Goals of People Map” dan Astra menyadari bahwa karyawan merupakan salah satu penentu mereka sampai menjadi perusahaan terbesar saat ini. Secara singkat bisa di telusuri Astra menggunakan salah satu kalimat dengan “Perusahaan berkualitas, karyawan berkualitas, dan Pelanggan pun Puas”.
Goals of People Roadmap
Nah, bila dari segi produk dan pelayanan Astra sudah terbilang sangat baik dengan melakukan perubahan dari tahun ke tahun dengan ditunjukkan bukti menurunnya keluhan. Lalu pertanyaannya ialah apa saja kontribusi Astra untuk Indonesia secara nyata di tahun 2016? Rasa penasaran anda terjawab pada “2016 Event Highlights” dibawah ini. Rangkuman kegiatan Astra dibawah ini menunjukkan kepedulian mereka terhadap Indonesia. Ini bersumber dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan. Bukti Astra untuk Indonesia tahun 2016.
Inspirasi 60 Tahun Astra

Inspirasi 60 Tahun Astra
2016 Highlights PT Astra International Tbl 
Sepanjang tahun 2016 Astra terbukti memberikan kontribusi penting untuk Indonesia. Bahkan tidak hanya tahun 2016 saja Astra memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia. Sejak awal berdirinya 1957 Astra sudah memberikan kontribusi penting bagi bangsa dan negara kita. Dengan demikian inilah bukti nyata filosofi Catur Dharma, Visi dan Misi Astra hingga sekarang ini. 
Filosofi Catur Dharma Astra, Visi dan Misi Astra
Implementasi dari filosofi/pondasi Astra sudah termasuk dalam kategori sangat baik. Mulai dari produk dan layanan, SDM Astra, dan Kontribusinya untuk negara kita ini. The Next, tidak salah lagi dan tidak diragukan bila Perusahaan Astra pada tahun 2020 bisa menjadi Perusahaan yang "Pride Of Nation"- Menjadi Kebanggan Bangsa.

sumber : 
http://astra.co.id
http://www.metrotvnews.com/
http://sindonews.com
http://ayopreneur.com

Berbagi Yuk!!!

Wolesbanget.Com memiliki tujuan untuk menjadikan situs portalnya anak muda sekarang.biar nggak ketinggalan zaman

Bagaimana Pendapat Kamu?

BACA JUGA