Pesona dan Mitos Menarik Wisata Cagar Alam Telaga Ranjeng

6/20/2017
Wolesbanget.com - Wisata alam memang tak pernah ada habisnya sebagai salah satu pilihan wisata menarik yang dikunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur. Dengan pesona alam yang indah dan suasana yang menyenangkan menjadi alasan tersendiri bagi kebanyakan orang memilih objek wisata alam dan berlomba-lomba mendapatkan promo tiket pesawat untuk berlibur ke sana. Indonesia sendiri memang kaya akan wisata alam menarik yang dapat anda kunjungi, salah satunya yaitu Wisata Cagar Alam Telaga Ranjeng yang berada di Brebes, Jawa Tengah. Nah kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai Wisata Alam Telaga Ranjeng.
Penampakan Alam Objek Wisata
Wisata Cagar Alam Telaga Ranjeng
https://id.wikipedia.org/wiki/Cagar_Alam_Telaga_Ranjeng
Kawasan telaga Ranjeng ini terletak di kaki gunung Slamet, tepatnya berada di Desa Pandansari, Kec. Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah. Dengan luas mencapai 48,5 hektar ini, kawasan telaga ini merupakan milik dari Perhutani Pekalongan Timur.  Kawasan ini didominasi oleh pohon pohon besar yang hijau mulai dari pinus dan damar yang mengelilingi area telaga. Dulunya telaga Ranjeng ini merupakan tempat pemandian dari tokoh tokoh kerajaan di Jawa Tengah. 

Selain dapat melihat pemandangan hutan lindung hijau yang masih sangat asri, anda juga bisa menikmati sejuknya udara di kawasan ini. Selain itu pengunjung juga dapat melihat langsung keanekaragaman flora dan fauna yang ada di tempat ini, mulai dari burung, bangau hitam, elang bido, dan lainnya. Uniknya lagi di telaga ini anda bisa menemukan ikan nila dan ikan lele dalam ukuran yang raksasa.

Keindahan alam di tempat ini memang sudah memang sudah mendapat banyak pujian dari wisatawan yang datang ke tempat tersebut. Anda juga bisa menikmati bermain air di tempat ini serta merasakan segarnya air di telaga Ranjeng ini.
Lokasi dan Akses Menuju Wisata 
Lokasi objek wisata ini berada di Desa Pandansari, Kec. Paguyangan. Untuk akses menuju lokasi wisata ini terbilang sangat mudah. Jika anda menempuhnya dari Kota Purwokerto, anda bisa menggunakan rute Ajibarang dengan kurang lebih menempuh jarak sekitar 20 km. Anda hanya perlu mengikuti jalur utara dan kemudian belok ke sebelah kanan dari pertigaan kecamatan Paguyuban, sebelum melewati Bumiayu. Sekedar saran, akan lebih jika anda menggunakan jalur ini sebaiknya gunakan kendaraan dengan kondisi yang cukup baik. Hal ini dikarenakan kondisi jalanan yang memang kurang baik. Meskipun kondisi sudah beraspal, namun jalanan menuju tempat ini memang terjal dan menanjak.
Mitos Telaga Ranjeng
Mitos Telaga Ranjeng
http://www.ekosmax.com/2015/04/kopi-darat-di-kaligua-yuk.html
Dahulunya, telaga ini digunakan sebagai tempat untuk mandi tokoh tokoh kerajaan yang ada di pulau Jawa. Ikan lele yang tinggal di tempat ini memang cukup dikeramatkan sehingga dianggap sebagai penghuni dari Telaga Ranjeng. Bahkan terdapat larangan  jika pengunjung yang datang tidak boleh mengambil ikan yang tinggal di dalam telaga ini.

Ada beberapa cerita yang menyebutkan jika dulunya terdapat pengunjung yang nekat mengambil ikan, namun setibanya di rumah pengunjung tersebut malah sakit-sakitan dan barulah sembuh saat sudah mengembalikan ikan tersebut. 

Namun di tahun 2010, tiba tiba ikan lele yang ada di dalam telaga menghilang. Tidak ada yang mengetahui dengan jelas penyebab dari kondisi ini. Sehingga banyak versi cerita yang berkembang di masyarakat. Namun benar atau tidaknya cerita tersebut, hal itu menjadi daya tarik tersendiri dari objek wisata ini.

Cukup menarik bukan? Tunggu apalagi, cek harga tiket pesawat berlibur ke sana. Anda bisa memasukkan objek wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata yang seru untuk berlibur. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk anda. 

Berbagi Yuk!!!

Wolesbanget.Com memiliki tujuan untuk menjadikan situs portalnya anak muda sekarang.biar nggak ketinggalan zaman

Bagaimana Pendapat Kamu?

BACA JUGA

Latest